Cara Memperbaiki Pintu Rumah yang Turun atau Merosot

Cara Memperbaiki Pintu Rumah yang Turun atau Merosot

Pintu rumah  yang turun adalah hal yang umum pada rumah-rumah tua. Hal ini juga bisa terjadi pada rumah baru tetapi karena alasan yang berbeda.

Anda dapat tahu bahwa pintu melorot atau turun ketika pintu ditutup. Anda akan melihat kecondongan yang tergambar dari celah di bagian atas pintu. Saat ditutup, pintu terlihat seolah-olah bersandar ke bingkai pintu, membuat sekeliling pintu tergesek dan menjadi sulit untuk membuka, menutup, atau mengunci pintu dengan baik.

Baca Juga : Optimalkan Perawatan Pintu Depan untuk Daya Tarik

Berikut cara untuk memperbaiki pintu rumah yang turun atau melorot:

Alat dan material yang dibutuhkan:

  • Bor tanpa kabel dengan mata bor atau obeng manual
  • Alat serbaguna atau pahat kayu
  • Palu
  • Selembar kayu bekas
  • Alat amplas
  • Lima skrup berukuran 3 x 1-1/2 inci
  • Tiga skrup kasar
  • Spacer atau shim engsel 1 hingga 3 (bisa dari metal, plastik atau kardus)
  • Engsel pintu

Baca Juga : Pintu Baja Tahan Lapuk Fortress : Solusi Pintu Rumah Kokoh

Langkah-langkah:

  1. Kencangkan Skrup Engsel yang Ada
    Cukup dengan mengencangkan semua skrup pada engsel atas, pintu yang melorot dapat diperbaiki. Gunakan bor atau obeng manual untuk memutar skrupnya searah jarum jam.
  2. Tambahkan Skrup Engsel Baru
    Jika skrup yang sudah dikencangkan terus berputar, coba tambahkan skrup dengan panjang 1 1/2 inci atau ganti skrup yang ada dengan skrup yang memiliki ulir lebih kasar.
  3. Tambahkan atau Hapus Spacer Engsel
    Kadang-kadang, pemilik sebelumnya mungkin menambahkan spacer atau shim yang perlu dihapus. Lebih lanjut, Anda mungkin perlu menambahkan spacer atau shim jika engsel atas perlu dijauhkan sedikit dari bingkai untuk meluruskan pintu.
  4. Ganti Skrup Engsel Dengan Skrup 3-Inci
    Salah satu cara efektif untuk memperbaiki pintu melorot adalah dengan mengganti salah satu skrup engsel atas dengan skrup panjang 3 inci. Langkah ini tidak hanya akan menarik engsel lebih dekat ke bingkai pintu, tetapi juga akan menarik seluruh frame pintu lebih dekat ke kusen pintu.
  5. Hapus Cat atau Noda Di Bawah Engsel Pintu
    Periksa apakah ada cat atau noda yang menumpuk di bawah engsel. gunakan pisau tajam dari alat serbaguna atau pahat kayu untuk menghapus tumpukan cat dari mortir atau bingkai pintu.
  6. Periksa Pintu
    Jika pintu masih menempel setelah engsel diperketat, cobalah untuk mengendarai skrup 3 inci ke bagian atas bingkai pintu di sisi pengait untuk mengencangkannya.
  7. Pasir Bagian Atas Pintu atau Bingkai Jamb Pintu
    Goresan yang tampak menonjol menunjukkan daerah yang menempel. Pasir dengan hati-hati dan sedikit demi sedikit.
  8. Ganti Engsel Pintu
    Sebagian besar engsel pada pintu lama akan melonggar seiring waktu. Jika engsel tidak dapat diperbaiki hanya dengan mengganti pin, pertimbangkan untuk mengganti semua tiga engsel sekaligus.

FAQ (Frequently Asked Questions) 

  1. Apa penyebab pintu turun atau melorot?
    Penyebab umum dari pintu yang melorot termasuk engsel pintu yang kendur, pergeseran rumah seiring waktu, atau kerusakan pada bingkai pintu.
  2. Apakah skrup baru perlu ditambahkan pada engsel pintu yang melorot?
    Ya, menambahkan skrup baru pada engsel dapat membantu memperbaiki pintu yang melorot. Skrup dengan ulir yang lebih kasar atau lebih panjang dapat memberikan lebih banyak dukungan kepada pintu.
  3. Apa itu spacer atau shim engsel dan bagaimana cara kerjanya?
    Spacer atau shim engsel adalah benda tipis yang dipasang di belakang engsel untuk menyesuaikan jarak antara pintu dan bingkai pintu. Menambahkan atau menghapus mereka dapat membantu memperbaiki pintu yang melorot.
  4. Apa yang harus dilakukan jika pintu masih melorot setelah semua skrup diencangkan?
    Jika pintu masih melorot, cobalah pasir bagian atas pintu atau bingkai jamb pintu di mana goresan atau bekas menunjukkan daerah yang menempel.
  5. Kapan harus mengganti engsel pintu?
    Jika engsel tidak dapat diperbaiki hanya dengan mengganti pin, pertimbangkan untuk mengganti semua tiga engsel sekaligus.
  6. Dalam kasus apa harus menghubungi profesional?
    Jika semua langkah di atas tidak berhasil dalam memperbaiki pintu yang melorot, sebaiknya hubungi ahli profesional untuk membentuk kembali bingkai pintu Anda.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *