10 Jenis Handle Pintu yang Harus Diketahui oleh Pemilik Rumah

10 Jenis Handle Pintu yang Harus Diketahui oleh Pemilik Rumah
Smartlock dari Fortress

Handle pintu dapat berupa kenop atau tuas, dan seringkali hadir dalam berbagai tipe estetika, seperti kenop pintu antik, handle pintu bergaya pedesaan, atau tuas pintu modern.

Handle pintu juga memiliki berbagai mekanisme penguncian seperti handle pintu dengan penguncian menggunakan kunci, handle pintu palsu (dummy), handle pintu privat, dan lainnya. Gunakan panduan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang 10 jenis handle pintu dan cara memilih tipe yang tepat untuk rumah Anda.

Berikut adalah penjelasan lebih dalam untuk 1-10 jenis handle pintu yang harus diketahui:

1. Handle Pintu dengan Penguncian Menggunakan Kunci

  • Penjelasan lebih lanjut: Jenis handle pintu ini biasanya hadir dalam bentuk kenop atau tuas yang memiliki pengunci. Umumnya digunakan pada pintu yang memerlukan keamanan tambahan, seperti pintu masuk utama.
  • Tip pemilihan: Saat memilih handle jenis ini, pilih material yang kuat serta desain dan penampilan yang cocok dengan estetika rumah Anda.

2. Handle Pintu Set

  • Penjelasan lebih lanjut: Handle pintu set adalah kombinasi dari gagang pintu, mekanisme pengunci, dan plat pembekuan. Jenis handle pintu ini sangat populer untuk pintu eksterior.
  • Tip pemilihan: Pilih handle pintu set yang mencakup material berkualitas tinggi dan mudah dioperasikan, serta sesuai dengan gaya rumah Anda.

3. Handle Pintu Bergaya Pedesaan

  • Penjelasan lebih lanjut: Jenis handle pintu ini mencerminkan gagasan desain pedesaan tradisional, seperti penggunaan gaya vintage atau kenop pintu dari logam yang memiliki pola hias.
  • Tip pemilihan: Sesuaikan tampilan handle pintu dengan tema umum pedesaan rumah Anda dan pastikan material pintu juga cocok dengan handle untuk menciptakan tampak harmonis.

4. Handle Pintu Modern

  • Penjelasan lebih lanjut: Handle pintu dengan desain modern biasanya memiliki garis sederhana dan bentuk elegan. Bahan yang digunakan pada jenis handle pintu ini dapat bervariasi dari logam, baja, dan plastik, namun umumnya memiliki tampilan bersih dan minimalis.
  • Tip pemilihan: Cocokkan dengan estetika modern rumah Anda dan pastikan fungsi dan materialnya sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

5. Handle Pintu Smartlock Fortress

Salah Satu Jenis Smartlock dari Fortress
  • Penjelasan lebih lanjut: Teknologi Fingerprint, Password, dan Sensor Kamera dapat memberikan keamanan ekstra untuk rumah Anda. Fortress Smart Lock juga dibekali gagang pintu yang modern dan presisi berbahan material aluminium alloy. Material ini memungkinkan gagang tidak mudah penyok atau rusak, tahan korosi hingga cuaca panas.

  • Tip pemilihan: Pilih merk yang sudah terpercaya seperti Smartlock Fortress, Tersedia mulai model Apollo, Zeus, Serta Athena, Dan handle pintu ini bisa anda kombinasikan denga pintu baja Fortress

6. Handle Pintu Antik

  • Penjelasan lebih lanjut: Handle pintu jenis ini memiliki desain yang terinspirasi dari periode antik, seperti Victoria, Renaissance atau Rococo. Umumnya terbuat dari bahan yang lebih tua, seperti kuningan, perunggu, atau besi tempa.
  • Tip pemilihan: Pilih handle pintu antik yang sesuai dengan estetika rumah bergaya lama Anda dan pastikan material dan desain cocok dengan pintu yang akan dilengkapi dengan handle tersebut.

7. Handle Pintu Pintar

  • Penjelasan lebih lanjut: handle pintu pintar adalah handle pintu yang dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti kontrol nirkabel, penguncian kode, dan fitur akses jarak jauh.
  • Tip pemilihan: Pilih handle pintu pintar yang sesuai dengan kebutuhan keamanan Anda dan teknologi yang Anda andalkan, serta pastikan perangkat ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem rumah pintar Anda.

8. Handle Pintu Biasa (Passage)

  • Penjelasan lebih lanjut: Jenis handle pintu ini tidak memiliki mekanisme penguncian dan biasanya digunakan untuk pintu interior yang mungkin tidak memerlukan privasi atau keamanan tambahan.
  • Tip pemilihan: Pilih handle pintu biasa yang estetikanya cocok dengan desain pintu dan ruangan, serta mempertimbangkan ergonomi dari handle tersebut untuk kenyamanan dalam penggunaan.

9. Handle Pintu Fail-Safe

  • Penjelasan lebih lanjut: Jenis handle pintu ini memiliki fungsi keamanan yang memungkinkannya terbuka secara otomatis saat listrik padam atau situasi darurat, menjadikannya ideal untuk bisnis komersial, lobi, dan kantor.
  • Tip pemilihan: Pertimbangkan kebutuhan keamanan dan sertifikasi keselamatan yang diperlukan untuk situasi komersial Anda saat memilih handle pintu fail-safe.

10. Handle Pintu Privat

  • Penjelasan lebih lanjut: Handle pintu privat memiliki mekanisme penguncian sederhana, seperti tombol putar atau geser, yang memungkinkan keamanan tambahan untuk kamar tidur, kamar mandi atau ruangan yang memerlukan privasi.
  • Tip pemilihan: Pilih handle pintu privat yang memiliki material, desain, dan penampilan yang cocok dengan pintu dan gaya ruangan Anda serta tingkat privasi yang diinginkan.

Pada saat memilih Handle pintu untuk rumah, perhatikan pintu mana yang akan menggunakan handle, gaya estetika, dan fungsionalitas handle pintu tersebut. Misalnya, kebanyakan pintu interior memiliki kenop pintu passage standar atau tuas pintu yang tidak dikunci, tetapi akan membuka pintu dan menjaga pintu tetap tertutup.

Jika Anda membutuhkan handle pintu eksterior atau handle pintu untuk area privat, seperti kamar tidur atau kamar mandi, maka Anda harus memilih handle pintu dengan kunci.

Pintu interior dapat diamankan dengan handle pintu privat atau handle pintu dengan penguncian menggunakan kunci yang sederhana, sedangkan sangat disarankan untuk memasang handle pintu eksterior dengan mekanisme penguncian yang kuat untuk menjaga keamanan rumah, seperti set handle lengkap atau handle pintu pintar. Mereka yang memiliki lokasi komersial yang menggunakan pintu elektronik mungkin lebih memilih fitur keamanan dari handle pintu fail-safe.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *